Jumat, 09 November 2018

begini-cara-bikin-sambal-agar-tak-cepat-basi

Sambal goreng atau sambal masak yang pedas dan gurih karena mengandung banyak bumbu seperti bawang putih, bawang merah, tomat, dan lain-lain, pasti sulit ditandingi kelezatannya.
Selain bisa dijadikan cocolan lalap sayur atau lauk gorengan, sambal goreng juga bisa dipadukan dengan aneka bahan lain dan diolah menjadi masakan pedas.
Misalnya, balado telur, balado ikan asin, sampai balado terung.
"Sekalipun enak, sambal masak ini cenderung tak tahan lama jika cara memasaknya salah. Padahal jika cara memasaknya tepat, sambal masak bisa bertahan sekitar tiga hari atau lebih jika disimpan dalam lemari es," jelas Chef Ragil, sesaat setelah peluncuran produk sambal masak di Gandaria City, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Ragil mengungkapkan, ada beberapa trik untuk menambah daya simpan sambal masak ini, yaitu:

1. Masak sampai mengeluarkan minyak
Setelah sambal selesai diulek, Anda harus menggoreng sambal ini dengan sedikit minyak yang sudah dipanaskan.
"Salah satu tanda sambal sudah masak adalah sambalnya sudah mengeluarkan minyak dari cabainya, dan sudah tak ada bau langu lagi," tambahnya.
Proses menggoreng sambal ini membutuhkan waktu sekitar 7-10 menit sampai benar-benar mengeluarkan minyak. Agar tak gosong, gunakan api yang kecil sampai sedang saat memasaknya. Setelah sambal benar-benar masak, Anda bisa mencampurnya dengan bahan lain yang sudah dimatangkan terlebih dulu.
2. Jangan mencampur sendok
Sambal bisa menjadi bumbu masak yang praktis dan mudah diolah menjadi beragam sajian. Tak heran jika banyak ibu-ibu yang membuat sambal ini sebagai bumbu masak yang bisa dijadikan stok dalam lemari es, dan dimasak sewaktu-waktu.
"Kesalahan yang sering dilakukan ibu-ibu adalah mencampur sendok untuk masak dengan sendok untuk mengambil sambal. Ini akan membuat sambal jadi cepat basi," jelasnya.
Agar daya simpannya makin panjang, hindari menggunakan sendok yang sudah bekas dipakai (yang sudah dipakai untuk mengambil bahan masakan lain, atau bahkan sudah disuapkan ke mulut).
Bakteri atau kotoran yang mungkin ada di udara atau di dalam makanan lain akan menempel di sendok, lalu mengontaminasi sambal simpanan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar